Kamera CCTV yang ditempatkan pada tempat parkir mungkin tidak bisa menghentikan kejahatan yang sedang berlangsung. Tetapi ia dapat menjadi alat yang berharga untuk mencegah, menghalangi, atau merekam suatu tindak kejahatan. Instalasi CCTV di tempat parkir juga dapat bermanfaat sebagai asuransi tambahan untuk bisnis Anda karena ia dapat memberikan bukti non-kelalaian bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Berita utama mengenai kejahatan di tempat parkir terus-menerus terjadi. Kondisi tempat parkir yang relatif sepi memang mengundang orang-orang yang berniat jahat melancarkan aksinya dengan leluasa. Beberapa contoh kasus kejahatan yang dapat terjadi di tempat parkir adalah:

  • Pencurian kendaraan yang sedang di parkir seperti mobil, motor dan sepeda
  • Pencurian barang-barang yang ditinggal di motor seperti helm dan jaket
  • Pencurian barang berharga yang ditinggal di mobil seperti laptop, hape, tas dan barang-barang lainnya.
  • Perusakan kendaraan yang sedang di parkir
  • Aksi perkelahian dan tindakan kekerasan lainnya

Masih banyak hal-hal yang tidak menyenangkan dapat terjadi di tempat parkir. Meskipun pemilik dan pengelola tempat parkir telah menambah petugas jaga dan kamera CCTV, namun aksi kejahatan masih saja terjadi. Bahkan sebuah artikel koran melaporkan “lebih dari 80% kejahatan yang terjadi di tempat parkir tidak tertangkap kamera atau kualitas rekaman CCTV terlalu rendah untuk menjadi bukti penyelidikan. Kebanyakan tempat parkir yang berada di mall dan pusat perbelanjaaan banyak yang tidak memiliki kamera CCTV untuk memantau area parkir mereka.”

Manfaat Kamera CCTV untuk Tempat Parkir

CCTV di tempat parkir dapat menjadi alat yang berharga untuk mencegah, menghalangi, atau merekam suatu tindak kejahatan di area parkir. Pemilihan jenis CCTV yang tepat dapat memantau dan merekam semua aktivitas yang terjadi di tempat parkir. Meskipun kamera tidak bisa menghentikan kejahatan yang sedang berlangsung, ketika calon penjahat menyadari adanya sistem kamera keamanan terpasang dapat mengidentifikasi dirinya maka ia bisa mengundurkan niat jahatnya. Dengan demikian salah satu manfaat penggunaan CCTV di tempat parkir adalah sebagai faktor pencegahan atau penanggulangan tindak kriminalitas.

Jenis CCTV yang cocok untuk Tempat Parkir

Kamera yang biasa digunakan di tempat parkir datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan jenis. Kebanyakan tempat parkir akan memerlukan penggunaan kamera CCTV outdoor, tapi untuk garasi, parkir gedung dan daerah lainnya yang terlindungi dari cuaca maka juga dapat menggunakan kamera indoor. Saluran transmisi melalui kabel koaksial biasanya digunakan untuk kamera AHD dan analog biasa. IP Camera wireless bertenaga baterai juga bisa dipakai untuk tempat-tempat yang terpencil atau terlalu jauh dicapai oleh sambungan kabel. Dengan menggunakan teknologi jaringan, sinyal video dikirim melalui antena wireless ke unit penerima.

Bila menggunakan kamera digital maka fitur tambahan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan. Jenis kamera PTZ (pan, tilt, zoom) adalah pilihan yang memungkinkan pergerakan kamera secara manual untuk bergerak horisontal, vertikal atau memutar. Fitur Zooming akan memungkinkan kamera untuk memperbesar objek misalnya untuk membaca plat nomor kendaraan atau mengenali wajah pelaku. Deteksi gerak juga dapat dimanfaatkan untuk melacak pergerakan suatu obyek yang mencurigakan dan merekamnya langsung ke media penyimpan.

Fitur lain yang berguna pada kamera CCTV untuk tempat parkir adalah day/night vision atau inframerah (IR). Sebuah kamera day/night memiliki chip pencitraan yang sangat sensitif yang memungkinkan untuk menghasilkan rekaman berkualitas tinggi, walaupun hanya mendapatkan sedikit cahaya. Sebagai contoh, beberapa kamera dapat menghasilkan video yang jelas walaupun hanya menggunakan cahaya bulan purnama pada malam hari. Infrared kamera  mampu menghasilkan video warna berkualitas tinggi saat cahaya terang dan video hitam putih beresolusi tinggi dalam kondisi kegelapan total.

Jika Anda memiliki bisnis yang memiliki tempat parkir maka penggunaan CCTV akan sangat membantu anda mengelola dan menjaga keamanan dengan lebih efisien. Jangan mengambil risiko sampai suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Walaupun area parkir telah diawasi oleh banyak petugas keamanan, namun adanya CCTV dapat memberikan perlindungan dan keamanan yang sangat signifikan.

1 Comment
  1. As the admin of this web site is working, no doubt very shortly it will be well-known, due to its quality contents. Rebecka Dennison Humberto

Tinggalkan Balasan